Mackie ProFXv2 Terobosan Terbaru Masa Kini

Posted by Tommy 25/05/2016 0 Comment(s) Review,

Mackie ProFXv2 Terobosan Terbaru Masa Kini

Mungkin bagi Anda para penggiat audio sudah tidak asing lagi dengan mixer bernama Mackie ProFx. Yak! Mixer ini sangat populer karena dipersenjatai dengan berbagai fitur-fitur nya yang sangat lengkap dan canggih. Baik di kalangan rental audio, instalasi maupun tempat-tempat skala kecil maupun sedang, mixer yang satu ini sangat sering kita jumpai.

Mackie telah mengeluarkan ProFXv2 (baca: versi dua) yang diperkenalkan kepada publik saat penyelenggaraan MusikMesse 2015 di Frankfurt beberapa waktu lalu. Kebetulan kami primanada.com memiliki kesempatan untuk mengutak-atik sedikit tentang mixer baru ini. Kira-kira apa saja yang baru dari generasi sebelumnya? Dan inovasi apa saja yang di berikan di versi dua ini?

Mackie ProFXv2 dengan VITA™ Preamps Terbaik

Mackie ProFXV2 Vita PreampsSalah satu yang cukup menarik perhatian saya dari ProFx versi dua ini adalah pembaharuan di preamp-nya. Setelah sebelumnya sukses dengan preamp XDRmk2, sekarang Mackie memberikan preamp terbaru yang diberi nama VITA™. Apa kelebihan dari VITA™? Preamp ini adalah pengembangan dari preamp sebelumnya yang mampu memberikan suara yang lebih clearity dan low noise dengan menggunakan teknologi Dual Feedback Stabilization dan bias Current Optimization.

Saya juga sempat mencoba mendengarkan karakter preamp ini menggunakan playback instrumen yang berbeda-beda dan mic vokal. Karakter benar-benar clean, walaupun gain di naikkan cukup tinggi, noise mulai terdengar pada level gain yang terbilang ekstrim. Tentu saja dalam implementainya, kita menghindari level yang ekstrim. Begitupun dengan mic vokal, suara yang direproduksi cukup bagus dan rendah noise, karakter vokal pun tidak berubah. Konklusinya preamp VITA™ ini cocok untuk semua kebutuhan audio.

Fitur Terbaru ReadyFX yang Berkualitas lainnya

Mackie Ready FXSalah satu fitur baru dari ProFXv2 adalah FX engine-nya, yang kini menggunakan floating point DSP, artinya sampling audio dan perhitungan matematika untuk efek-efek nya dapat dilakukan di resolusi yang tinggi untuk menghasilkan efek dengan kualitas yang lebih bagus. Dan sesuai dengan konsep ReadyFX sebelumnya, preset FX yang diberikan sudah sangat memadai untuk segala kebutuhan audio tanpa harus repot. Hadir menemani ReadyFX adalah GEQ 5/7 bands yang dapat di-set untuk main maupun monitor.

Fitur-fitur lainnya adalah USB recording/playback (2x2), FX mute switch, dan juga stereo RCA i/o. Tentunya semuanya diperkuat dengan tagline andalan Mackie Built-Like-a-Tank, yang artinya semua mixer ini sudah cukup tangguh untuk segala kondisi lapangan (mixer jatuh, terkena tumpahan air, dan lain-lain). Hadir untuk menambah varian di kelas ini adalah ProFX4v2, ProFX8v2, ProFX12v2, ProFX16v2, dan ProFX22v2, dengan beragam chanell dan fitur -  fitur terbaru yang siap untuk mengakomodasi kebutuhan audio seperti soloist yang hanya membutuhkan 4 channel (mic vokal, piano/gitar, dan minus one).

 

Leave a Comment