Pengenalan Dasar Fungsi pada Mixer

Posted by Tommy 26/05/2016 0 Comment(s) Tips dan Trik,

Pengenalan Mixer dan Fungsi Penting Mixer

Mungkin banyak orang awam belum mengetahui apa itu mixer, saya dari www.primanada.com ingin berbagi ilmu sedikit tentang alat yang sangat penting dalam dunia Pro Audio, Mixer ini sangat mempengaruhi output suara yang keluar itu bagus atau jelek. Saya akan memberikan informasi sejelas mungkin tentang bagian dari mixer yang penting untuk diketahui dan tentu fungsinya.

Mixing console, (biasa disebut juga dengan mixing board atau mixer saja), adalah salah satu ikon dari sebuah studio rekaman modern. Tapi apa sebenarnya fungsi dari mixer ini? Satu-satunya tujuan dari mixer ini adalah mengambil semua input dari bermacam sumber, lalu menyatukannya melalui output.

Mari kita bahas lebih dalam tentang perangkat audio yang satu ini.

Pertama-tama yang mungkin menarik perhatian adalah, meskipun sebuah mixer terlihat begitu rumit dengan tombol berderet seperti tanpa ujung, sesungguhnya ia adalah satu set kontrol yang berulang-ulang. Jumlah input yang berulang ini disebut dengan channel, ini menjadi hal yang paling penting dalam mempertimbangkan dalam memilih sebuah mixer dan biasanya semakin banyak jumlah channel, semakin mahal pula harganya.

Pengenalan Fungsi Knob atau Tombol dalam Mixer

Jack Input

Jack Input MixerIni tempat dimana Anda menghubungkan kabel XLR atau 1/4″ dari instrumen musik atau lainnya. Pada contoh di samping, juga memiliki input ‘insert’ yang memiliki fungsi yang sama dengan ‘Auxiliary Send’ seperti yang dijelaskan di bawah nanti.

Gain Control

Mixer Gain InputDigunakan untuk meningkatkan sinyal lemah (mic level) menjadi lebih kuat (line level). Hanya channel dengan pre-amps yang memiliki gain control.

Auxiliary Sends

Mixer Auxiliary SendsSering disebut dengan ‘aux send’ atau ‘effects’. Gunanya untuk mengirimkan sinyal input ke perangkat lain. Ini berguna, misalnya jika mau menggunakan perangkat efek terpisah, sehingga sinyal asli telah dirubah sesuai yang diinginkan kemudian dicampurkan kembali ke hasil mix.

Equalizer (EQ) Control

Mixer EQ KnobEqualizer memungkin Anda merubah karakteristik suara dengan cara memangkat atau meningkatkan sinyal pada frekuensi tertentu dari masing-masing input. Biasanya terdiri dari Low, Mid dan Hi.

Phantom Power

Mixer Phantom Power KnobPhantom Power ialah tambahan Power Supply yang dapat digunakan untuk jenis Microphone Condenser, Power Supply ini di sediakan oleh Mic-Preamps yang ada pada audio interface atau mixer anda yang dapat digunakan dengan kabel XLR.

Panning Control

Mixer Panning KnobIni menentukan dimana suara ditempatkan pada ruang stereo. Dengan kata lain, apakah suara akan dibawa ke kanan, ke kiri atau pun kombinasi di antara keduanya.

Level Control

Mixer Volume ChanellIni untuk mengatur intensitas sinyal yang keluar dari channel bersangkutan.

Nah, karena setiap channel memiliki kontrol yang serupa, maka Anda dapat mem-balance setiap input, yang mana merupakan esensi dari proses mixing.

 

Leave a Comment