Gangguan Feedback dan Cara Simple Mengatasinya

Posted by Tommy 01/04/2016 0 Comment(s) Tips dan Trik,

Apa itu Feedback dan Bagaimana cara mengatasinya

Feedback itu adalah suatu kondisi dimana terjadi dengung atau Noise yang begitu besar, Feedback memang sangat menyebalkan dan sangat mengganggu jika kita dalam suatu acara yang menuntut suasana yang hening dan tidak berisik, seperti meeting penting tentu sangat menggangu kita sebagai peserta yang ingin hikmat mengikuti jalannya metting. Apa itu Feedback?? Feedback terjadi jika jarak Microphone dan Speaker terlalu dekat atau Speaker berhadapan persis dengan Microphone. Kadang kondisi ini terjadi karena Sensitivitas Gain Input yang terlalu besar sehingga Amplifier menerima Input signal yang terlalu besar/kuat. Feedback atau yang bisa disebut juga dengan Storing terjadi karena adanya pantulan pada sudut ruangan terhadap posisi Speaker dan Microphone, Nah Cara mengatasi permasalahan tersebut yang paling simpel adalah dengan mengecilkan Volume Gain Microphone, Kalian pun bisa melakukan penyimpangan arah antara Microphone dan Speaker.

Jenis Feedback atau Storing

Feedback

  • High Respon Feedback ini terjadi jika Signal/Frequensi suara mengalami umpan balik LOW Respon dan Middle High Respon, Cirinya adalah jika terjadi kondisi dimana terdengar suara Storing mendengih atau melengking di Speaker kalian.
  • Low Respon Feedback ini terjadi jika Signal/Frequensi mengalami kebalikannya dari penjelasan diatas, Cirinya adalaha jika terjadi kondisi dimana terdengar suaranya mendengung pada speaker kalian.

Cara mengatasinya pun sama dengan mengecilkan Gain Input, maka yang terjadi output pada speaker akan menjadi kecil jika ingin mendapatkan suara yang cukup kuat maka bisa diputar arah muka dari speakernya untuk menjauhi microphone. Ada juga yang menggunakan alat yang dapat meminimalisir Feedback atau Storing yaitu dengan menggunakan Feedback Destroyer, alat ini berfungsi dapat mengurangi Feedback yang akan terjadi dengan meredam secara otomatis, sehingga bila terjadi feedback di Frequensi tertentu maka akan otomatis Scanning dan langsung dieliminasi.

Penempatan Posisi Loudspeaker yang Tepat

Speaker PositionMungkin dalam beberapa kondisi yang biasanya terjadi tak mungkin kita memindahkan arah speaker yang memoliki Power besar dan memiliki Woofer 18 Inch dan Middle 15 Inch, oleh sebab itu sebelum acara berlangsung pandai - pandailah kalian dalam menempatkan posisi Speaker ditempat acara berlangsung, Alangkah baiknya jika kalian juga melakukan pengecekan posisi sebelum acara berlangsung dan pengaturan jarak antar Speaker dan Microphone untuk menghindari umpan balik antara alat tersebut. Feedback atau Storing ini pun akan terhubung ke main Output yang akan sangat mengganggu untuk jalannya acara. Apalgi jika suatu acara memakai banyak Microphone maka akan sulit bagi kita untuk mengidentifikasi Mic/Chanell yang terjadi Feedback, bila mengalami kejadian seperti ini maka kecilkan Volume Master pada Mixer Audio karena untuk kasus seperti ini bisa saja Feedback berasal dari pengaturan Equalizer ( EQ ) yang telalu High, Jika hendak mengatur Tone EQ ada baiknya diimbangi dengan pengaturan Gain Input Sensitive dan level yang benar

Penggunaan Alat Feedback Destroyer

DBX Feedback DestroyerSeperti yang saya sudah jelaskan diatas bahwa cara yang paling mudah untuk meredam terjadinya Feedback dengan menggunakan Alat Feedback Destroyer, alat ini pun banyak dijual di toko - toko Pro Audio dengan beragam merk serta kualitas dari barang tersebut, memiliki fungsi yang sama sebagai peredam umpan balik antar Frequensi pada alat kalian. Cara menggunakannya Feedback Destroyer sangat mudah sekali untuk dipelajari loh sehingga kalian dapat dengan cepat untuk belajar menggunakan alat ini. Kalian hanya menhidupkan alat tersebut dan mengatur settingan pada Feedback Destroyer dengan Settinng Default saja dan alat ini akan bekerja secara sendirinya untuk mengatsi Storing/Feedback pada Sound Sistem Kalian, Oia untuk alat ini memang memiliki harga yang relatif mahal dan saran saya jangan sampai kalian menggunakan alat sejenis yang Imitasi atau KW karena akan sangat mempengaruhi kualitas. Semoga postingan ini dapat memberi manfaat untuk kalian semua :D

 

Leave a Comment